Kamis, 10 September 2009

Menyenangkan Semua Orang. Mungkinkah?

Belakangan ini hidup saya banyak sekali terjadi konflik, masalah-masalah yang boleh dibilang sepele, tapi ada aja orang yang membesar-besarkannya sehingga masalahnya jadi kompleks. Kadang saya sendiri berpikir, perlukah hal sepele diributkan sampai sedemikian hebohnya, sehingga melibatkan banyak pihak? Sering saya merenung memikirkan, apakah saya yang salah dalam bertutur kata, atau menghina orang sehingga tersinggung? Tetapi setelah perenungan yang cukup mendalam, saya menemukan beberapa hal baru bahwa bukan hanya karena tutur kata kita saja orang tersinggung, tapi memang beberapa hal seperti iri dan dengki dapat menimbulkan masalah.

Saya pernah membaca suatu artikel mengenai seorang ayah, anak dan seekor keledai. Kira-kira begini isinya :

Suatu hari seorang ayah dan anaknya melintas sebuah kota. Si ayah menunggang keledai, sementara si anak berjalan. Tiba-tiba ditengah jalan, seorang meneriaki mereka. "Hei, dasar ayah tidak tahu diri. Enak-enakan naik keledai sementara anakmu dibiarkan jalan kaki !" Mendengar komentar ini, sang ayah akhirnya bertukar posisi dengan anaknya. Belum lama mereka berjalan, "Dasar anak durhaka, ayah km yg sudah tua disuruh jalan, km yg muda segar malah enak-enakan diatas keledai !". Akhirnya, mereka memutuskan untuk menunggangi keledai itu berdua. Tapi ... "Dasar orang-orang tidak berperikebinatangan, keledai kurus begitu ditunggangi berdua!" begitu komentar orang lain yg melihat. Karena bingung mau apalagi, akhirnya keledai itu mereka angkat berdua. "Dasar orang gila!" kata orang-orang sambil terbahak-bahak.

Dari kisah ini saya dapat satu kesimpulan, apapun yang kita lakukan, sebaik apapun kita, tetap tidak akan dapat memuaskan semua pihak. Selalu ada pihak yang merasa dirugikan dan tidak senang. Kembali kalau mau direnungkan, tidak akan ada habisnya kalau kita mau berbuat sesuatu sampai semua orang puas. Akan selalu ada komentar negatif walaupun kita sudah berbuat sebaik mungkin. Adalah pekerjaan yang mustahil untuk menyenangkan semua orang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar